apbdes

Format APB Desa [MS Office Excel]

  • Diposting oleh:
  • Diposting pada:
  • Kategori:
    DokumenDokumen
  • Ekstensi File:
    MS Office Excel
  • Lisensi:
    Unlimited
  • Diupload oleh:
    Cipta Desa
  • Harga:
    Gratis 0
  • Dilihat:
    2614

Format APB Desa ini merupakan inputan manual data APBDes tahun anggaran yang dikemas dengan file ekstensi MS Ofice Excel. Postingan ini merupakan banyak request pengunjung website kepada Kru Cipta Desa agar membuatkan format APB Desa secara manual meskipun kita sarankan bahwa pengelolaan keuangan desa sudah berbasis online (siskeudes), artinya semua kebutuhan pengelolaan keuangan Desa sudah termuat dalam Program Siskeudes yang dillauncihng oleh Kementerian Dalam Negeri dan BPKP.

Namun tidak ada salahnya jika kita memahami fomrat APB Desa secara manual agar pada inputing data melalui siskeudes lebih mempermudah dan memahami perhitungannya seperti apa dan bagaimana pengaplikasiannya. Format ini menjadi bagian tidak terpisahkan dari peraturan Desa tentang APB Desa baik APBDes induk ataupun Perubahan APB Desa.

APB Desa itu sendiri sesuai dengan Permendagri Nomor 20 Tahun 2018 tentang pengelolaan keuangan Desa adalah rencana keuangan tahunan pemerintahan Desa yang merupakan dasar pengelolaan keuangan Desa dalam masa 1 (satu) tahun anggaran mulai tanggal 1 Januari sampai dengan tanggal 31 Desember.

APB Desa terdiri dari 3 komponen struktur, yakni pendapatan Desa, belanja Desa, dan pembiayaan Desa.

Pendapatan Desa

Pendapatan Desa adalah semua penerimaan Desa dalam 1 (satu) tahun anggaran yang menjadi hak Desa dan tidak perlu dikembalikan oleh Desa yang terdiri atas kelompok Pendapatan Asli Desa, Pendapatan Transfer, dan Pendapatan Lain.

Pendapatan Asli Desa terdiri atas jenis: hasil usaha (bagi hasil BUM Desa); hasil aset (tanah kas Desa, tambatan perahu, pasar Desa, tempat pemandian umum, jaringan irigasi, dan hasil aset lainnya sesuai dengan kesenangan berdasarkan hask asal-usul dan kewenagan lokal berskala desa); swadaya, partisipasi dan gotong royong (penerimaan yang berasal dari sumbangan masyarakat Desa); dan pendapatan asli Desa lain (hasil pungutan Desa).

Kelompok transfer sebagaimana terdiri atas jenis: Dana Desa; bagian dari Hasil Pajak Daerah Kabupaten/Kota dan retribusi daerah; Alokasi Dana Desa; bantuan keuangan dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah Provinsi (BKK Provinsi); dan bantuan keuangan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah Kabupaten/Kota (BKK Kabupaten).

Kelompok pendapatan lain terdiri atas: penerimaan dari hasil kerja sama Desa; penerimaan dari bantuan perusahanan yang berlokasi di Desa; penerimaan dari hibah dan sumbangan dari pihak ketiga; koreksi kesalahan belanja tahun anggaran sebelumnya yang mengakibatkan penerimaan di kas Desa pada tahun anggaran berjalan; bunga bank; dan pendapatan lain Desa yang sah.

Belanja Desa

Belanja Desa adalah semua pengeluaran yang merupakan kewajiban Desa dalam 1 (satu) tahun anggaran yang tidak akan diperoleh pembayarannya kembali oleh Desa dan dipergunakan dalam rangka mendanai penyelenggaraan kewenangan Desa.

Adapun Klasifikasi Belanja Desa terdiri atas bidang: penyelenggaraan pemerintahan Desa; pelaksanaan pembangunan Desa; pembinaan kemasyarakatan Desa; pemberdayaan masyarakat Desa; dan penanggulangan bencana, keadaan darurat dan mendesak Desa.

Pembiayaan Desa

Pembiayaan Desa merupakan semua penerimaan yang perlu dibayar kembali dan/atau pengeluaran yang akan diterima kembali, baik pada tahun anggaran yang bersangkutan maupun pada tahun-tahun anggaran berikutnya dan terdiri atas kelompok penerimaan pembiayaan dan pengeluaran pembiayaan.

Penerimaan pembiayaan meliputi: SiLPA tahun sebelumnya, pencairan dana cadangan, dan hasil penjualan kekayaan Desa yang dipisahkan kecuali tanah dan bangunan dan paling sedikit meliputi pelampauan penerimaan pendapatan terhadap belanja, penghematan belanja, dan sisa dana kegiatan yang belum selesai atau lanjutan.

Pengeluaran pembiayaan terdiri dari pembentukan dana cadangan dan penyertaan modal.

Dalam mempermudah penerapan dalam APB Desa, kami mencoba mengakomodir request pengunjung seperti yang dijelaskan diatas dengan membagikan format MS Ofiice Excel pada APB Desa.

Berikut kami bagikan Format APB Desa dengan ektensi file MS Office Excel (.xls) serta bisa Anda edit untuk disesuaikan dengan kondisi daerah masing-masing Desa sesuai dengan kewenangan desa yang diatur dalam perundang-undangan, Format APB Desa dapat Anda download secara gratis dalam web ini.

Lihat viaGOOGLE DRIVE

Rating

4.6

( 23 Votes )
Silakan Nilai!
Format APB Desa [MS Office Excel]

No votes so far! Be the first to rate this post.

Gambar Gravatar
Jangan pernah berhenti bermimpi, karena tiada yg mustahil selama Qta berjuang menggapainya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *