Inklusif

Handbook Desa Inklusif

  • Diposting oleh:
  • Diposting pada:
  • Kategori:
    Buku Desa, KemendesaBuku Desa, Kemendesa
  • Ekstensi File:
    Adobe Reader
  • Lisensi:
    Unlimited
  • Diupload oleh:
    Cipta Desa
  • Harga:
    Gratis 0
  • Dilihat:
    693

Komitmen pemerintah dalam melindungi dan memberdayakan desa agar menjadi kuat, maju, mandiri, dan demokratis melalui penerbitan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa serta peraturan perundangan turunannya terus dioptimalkan agar memberikan dampak yang semakin besar dalam kontribusi memajukan bangsa Indonesia yang berkarakter sebagai kunci dalam memperkokoh persatuan sekaligus mempercepat pembangunan yang berlandaskan pemahaman dan perasaan yang sama, sehingga pembangunan inklusif menjadi kebutuhan sekaligus keniscayaan dalam proses pelaksanaan pembangunan seluruh komponen bangsa terutama desa sebagai self governing community dan local self government.

Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi terus menggalang dukungan dan memperkuat sinergi dengan berbagai pihak khususnya stakeholder terkait untuk bersama-sama mengawal dan mendukung kemajuan desa. Salah satu upaya yang ditempuh adalah pengembangan Desa Inklusi sebagai prinsip dan modal utama bagi keberlangsungan pembangunan desa berbasis partisipatif. Desa Inklusi akan menjadi dasar bagi penerapan prinsip-prinsip pembangunan lainnya yang akan dimulai dengan membuka kondisi kehidupan di desa yang setiap warganya bersedia secara sukarela untuk membuka ruang kehidupan dan penghidupan bagi semua warga desa yang diatur dan diurus secara terbuka, ramah dan meniadakan hambatan untuk berpartisipasi secara setara, saling menghargai serta merangkul setiap perbedaan dalam pembangunan desa.

Untuk mendukung pengembangan Desa Inklusif, telah disusun sejumlah bahan pembelajaran terkait pengembangan Desa Inklusif sebagai acuan fasilitasi, pendampingan dan panduan para pelaku dan penggiat desa termasuk unsur pemerintahan terkait di semua tingkatan.

Handbook Desa Inklusif ini berisi tentang penjelasan pokok tentang Desa Inklusif yang disusun secara komprehensif sehingga mampu memberikan pengenalan Desa Inklusif sebagai pelengkap dari bahan pembelajaran Desa Inklusif lainnya.

Handbook Desa Inklusif diharapkan mampu menarik minat kelompok civitas akademik (mahasiswa dan akademisi) untuk mengetahui lebih jauh dan memiliki minat terlibat dalam pembangunan desa dan pemberdayaan masyarakat desa khususnya dalam mengembangkan Desa Inklusif. Dengan demikian, pembahasan dan perbincangan tentang Desa Inklusif semakin familiar ditengah kelompok civitas akademik yang dapat menggugah kesadaran dan minat semua pihak untuk mendorong kemajuan desa.

Berikut kami bagikan Handbook Desa Inklusif yang dikeluarkan oleh Direktorat Jenderal Pembangunan Desa dan Perdesaan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi dengan ekstensi file Adobe Reader (.pdf) dan dapat Anda download secara gratis dalam web ini.

Lihat viaGOOGLE DRIVE

Rating

4.8

( 150 Votes )
Silakan Nilai!
Handbook Desa Inklusif

No votes so far! Be the first to rate this post.

Gambar Gravatar
Jangan pernah berhenti bermimpi, karena tiada yg mustahil selama Qta berjuang menggapainya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *