RPJMDes

Peta Jalan SDGs Desa

  • Diposting oleh:
  • Diposting pada:
  • Kategori:
    DokumenDokumen
  • Ekstensi File:
    MS Office Word, MS Office Excel
  • Lisensi:
    Unlimited
  • Diupload oleh:
    Cipta Desa
  • Harga:
    Gratis 0
  • Dilihat:
    15279

Langkah kedua dalam menyusun RPJM Desa adalah penyelarasan arah kebijakan Desa dengan kebijakan pembangunan kabupaten/kota. Sebagaimana Pasal 29 Peraturan Menteri Desa, PDTT Nomor 21 Tahun 2020, Pencermatan hasil penyelarasan arah kebijakan Pembangunan Desa dilakukan dengan cara mempelajari dan mengkaji Peta Jalan SDGs Desa.

Tim penyusun RPJM Desa mempelajari dan mengkaji peta jalan di dashborad SDGs Desa yang disusun oleh Kepala Desa dengan sekurang-kurangnya memuat:

  1. sasaran SDGs Desa;
  2. kondisi objektif pencapaian SDGs Desa;
  3. permasalahan dan solusi dalam upaya pencapaian SDGs Desa;
  4. potensi dan sumber daya untuk pencapaian SGDs Desa; dan
  5. rancangan program dan/atau kegiatan Pembangunan Desa.

Pada tahapan penyusunan RPJM Desa ini, Tim Penyusun RPJMDes yang di SK Kepala Desa melakukan penyelarasan data Desa dari dokumen data Desa sebagai pembandingan data Desa dengan kondisi Desa terkini. Adapun data Desa yang perlu dipersiapkan adalah:

  1. Data kondisi Eksisting Capaian SDGs Desa dan Rekomendasi Program berbasis Sistem Informasi Desa (SID) yang disediakan oleh Kementrian Desa melalui https://dashboard-sdgs.kemendesa.go.id
  2. Pemetaan Aset dan Potensi Aset Desa.
  3. Perencanaan Pengembangan, Pemeliharaan, Pelesatarian Aset dan Potensi Aset Desa.
  4. Pemutakhiran Data Informasi Pembangunan Desa yang meliputi Profil Desa, Indeks Desa Membangun, Data Kemiskinan Ekstrem, dan data pendukung lainnya seperti RPJM Desa periode sebelumnya, RKP Desa periode sebelumnya.

Berikut kami bagikan contoh format rencana kerja tindak lanjut atau RKTL penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJM Desa) yang merupakan bagian tidak terpisahkan dari Pedoman Teknis Penyusunan RPJM Desa yang disusun oleh tim Cangkir Desa Situbondo sebagai impelementasi dari Permendesa, PDTT Nomor 21 Tahun 2020 tentang Pedoman Umum Pembangunan Desa dan Pemberdayaan Desa, serta bisa Anda edit untuk disesuaikan dengan kondisi daerah masing-masing Desa sesuai dengan kewenangan desa yang diatur dalam perundang-undangan dan dapat Anda download secara gratis dalam web ini.

Lihat viaGOOGLE DRIVE

Untuk lebih jelas bagaimana cara menyusun Peta Jalan SDGs Desa dalam penyusunan RPJM Desa, bisa Anda download dan pelajari dalam pedoman teknis RPJM Desa yang disusun oleh Kru Cipta Desa.


Rating

4.8

( 2315 Votes )
Silakan Nilai!
Peta Jalan SDGs Desa

No votes so far! Be the first to rate this post.

Gambar Gravatar
Jangan pernah berhenti bermimpi, karena tiada yg mustahil selama Qta berjuang menggapainya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *