Regulasi Desa

SK Dasawisma PKK

  • Diposting oleh:
  • Diposting pada:
  • Kategori:
    RegulasiRegulasi
  • Ekstensi File:
    MS Office Word
  • Lisensi:
    Unlimited
  • Diupload oleh:
    Cipta Desa
  • Harga:
    Gratis 0
  • Dilihat:
    2437

Dasawisma merupakan kelompok ibu berasal dari 10 KK (kepala keluarga) yang bertetangga dalam satu dusun dan kemudian diangkatlah kepengurusan dawawisma yang memiliki tanggung jawab Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) yang ditetapkan dengan SK Dasawisma PKK.

Adapun Tujuan kelompok Dasawisma ini adalah membantu kelancaran tugas-tugas pokok dan program PKK kelurahan. Kegiatannya diarahkan pada peningkatan kesehatan keluarga. Bentuk kegiatannya seperti arisan, pembuatan jamban, sumur, kembangkan dana sehat (PMT, pengobatan ringan, membangun sarana sampah dan kotoran).

Secara umum tujuan dari kegiatan tersebut yang berbasis masyarakat adalah terciptanya sistem kewaspadaan dan kesiapsiagaan dini di masyarakat terhadap kemungkinan terjadinya penyakit dan masalah-masalah kesehatan yang akan mengancam dan merugikan masyarakat yang bersangkutan.

Dasawisma sebagai salah satu wadah kegiatan masyarakat memiliki peran yang sangat penting dalam pelaksanaan program-program kegiatan gerakan PKK di tingkat desa,yang nantinya akan berpengaruh pula pada kegiatan gerakan PKK di tingkat Kecamatan dan Kabupaten.

Berikut petikan SK Dasawisma PKK, adalah:

DiktumKeterangan
KESATUMengesahkan Pengurus Kelompok Dasawisma PKK dengan susunan keanggotaan sebagaimana tercantum dalam lampiran yang merupakan bagian tidak terpisahkan dari Keputusan ini.
KEDUATugas Pengurus Dasawisma sebagaimana dimaksud diktum KESATU adalah:
  1. melakukan pendataan ibu hamil, melahirkan, nifas, kelahiran dan kematian bayi serta balita;
  2. melakukan pendataan lampid (lahir, meninggal, pindah, datang);
  3. melakukan penggerakan kepada anggota dasawisma pada kegiatan kemasyarakatan; dan
  4. berperan aktif dalam penyampaian informasi kepada anggota dasawisma dengan mengakses informasi dari Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) serta pusat data dan informasi keluarga.
KETIGASegala biaya yang timbul akibat ditetapkannya SK Dasawisma PKK ini dibebankan pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa dan sumber pendanaan lain yang tidak mengikat, dengan berpedoman pada ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
KEEMPATKeputusan ini berlaku sejak tanggal ditetapkan, dengan ketentuan apabila terdapat kekeliruan didalamnya akan diadakan perbaikan sebagaimana mestinya.

Berikut kami bagikan SK Pembentukan Kelompok Dasawisma Desa serta bisa Anda edit untuk disesuaikan dengan kondisi daerah masing-masing Desa sesuai dengan kewenangan desa yang diatur dalam perundang-undangan, SK Dasawisma PKK dan Keputusan Kepala Desa tentang PKK Desa dapat Anda download secara gratis dalam web ini.

Lihat viaGOOGLE DRIVE

Rating

4.8

( 24 Votes )
Silakan Nilai!
SK Dasawisma PKK

No votes so far! Be the first to rate this post.

Gambar Gravatar
Jangan pernah berhenti bermimpi, karena tiada yg mustahil selama Qta berjuang menggapainya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *