Regulasi Desa

SK Posyandu Remaja

  • Diposting oleh:
  • Diposting pada:
  • Kategori:
    RegulasiRegulasi
  • Ekstensi File:
    MS Office Word
  • Lisensi:
    Unlimited
  • Diupload oleh:
    Cipta Desa
  • Harga:
    Gratis 0
  • Dilihat:
    1026

Posyandu remaja merupakan kegiatan kesehatan di Desa yang diperuntukkan khusus untuk anak usia remaja dan pengelolaannya dilakukan oleh kader yang ditetapkan dengan keputusan Kepala Desa atau SK Kader Posyandu remaja.

Kegiatan yang dielenggarakan oleh pemerintah Desa ini akan membahas mengenai kesehatan fisik dan mental dengan tujuan membantu perkembangan sumber daya masnusia (SDM) pada usia remaja.

Kegiatan ini sangatlah perlu di dilakukan oleh pemerintah Desa sebagai bentuk kepedulian terhadap generasi remaja, pemerintah menghadirkan posyandu remaja untuk mendampingi para remaja menghadapi fase-fase krusial dalam hidupnya.

Dilain sisi, dalam percepatan penurunan stunting sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 72 Tahun 2021, salah satu strategi nasional dalam pelaksanaan percepatan penurunan stunting adalah kelompok sasaran pada usia remaja terutama pada sasaran remaja putri dalam mengonsumsi tablet tabah darah (TTD) yakni dengan target 85% (persen) pada tahun 2024.

Selain hal tersebut, Persentase remaja putri yang menerima layanan pemeriksaan status anemia (hemoglobin). pada tahun 2024 sebesar 90% (persen).

Dari sekilas ulasan diatas, maka diperlukan kepedulian dalam mencapai target strategi percepatan stuting khususnya dilingkungan Desa adalah membentuk posyandu remaja secara konsisten dan berkelanjutan agar warga Desa khususnya pada anak usia remaja bisa terjamin kesehatannya oleh pemerintah.

Posyandu remaja ini berperan sebagai wadah pemberdayaan masyarakat, khususnya remaja, perihal informasi dan pengetahuan mengenai kesehatan. Pengetahuan tersebut mencakup kesehatan reproduksi remaja, masalah kesehatan jiwa, menanggulangi penyalahgunaan NAPZA, pemenuhan gizi, aktivitas fisik, pencegahan penyakit tidak menular, dan kekerasan pada remaja.

Adapun tugas dari Kader Posyandu Remaja adalah sebagai berikut:

  1. melakukan pelayanan kesehatan remaja dengan cara promotif, preventif, kuratif, dan rehabilitatif;
  2. meningkatkan peran serta remaja dalam pelayanan kesehatan peduli remaja; dan
  3. melakukan pembinaan, pemantauan dan pengawasan kepada pelayanan Kesehatan remaja lainnya.

Berbeda dengan posyandu balita yang hanya pada kegiatan yang sama setiap bulannya, namun pelaksanaan materi kegiatan posyandu remaja biasanya setiap bulan akan berbeda-beda sesuai dengan inovasi dan kreativikas serta keputusan kader posyandu remaja itu sendiri.

Berikut kami bagikan SK Posyandu Remaja dengan ekstensi file MS Office Word (.doc) serta bisa Anda edit untuk disesuaikan dengan kondisi daerah masing-masing Desa sesuai dengan kewenangan desa yang diatur dalam perundang-undangan, SK Posyandu Remaja dapat Anda download secara gratis dalam web ini.

Lihat viaGOOGLE DRIVE

Rating

4.7

( 31 Votes )
Silakan Nilai!
SK Posyandu Remaja

No votes so far! Be the first to rate this post.

Gambar Gravatar
Jangan pernah berhenti bermimpi, karena tiada yg mustahil selama Qta berjuang menggapainya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *