Regulasi Desa

Perdes PADes [Pendapatan Asli Desa]

  • Diposting oleh:
  • Diposting pada:
  • Kategori:
    RegulasiRegulasi
  • Ekstensi File:
    MS Office Word
  • Lisensi:
    Unlimited
  • Diupload oleh:
    Cipta Desa
  • Harga:
    Gratis 0
  • Dilihat:
    2359

Ditetapkannya Perdes PADes adalah rangka untuk mendukung kelancaran penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan, pemberdayaan dan pelayanan masyarakat Desa.

Desa mempunyai sumber pendapatan Desa yang terdiri atas pendapatan asli Desa, bagi hasil pajak daerah dan retribusi daerah Kabupaten/Kota, bagian dari dana perimbangan keuangan pusat dan daerah yang diterima oleh Kabupaten/Kota, alokasi anggaran dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara, bantuan keuangan dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Provinsi dan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Kabupaten/Kota, serta hibah dan sumbangan yang tidak mengikat dari pihak ketiga.

Dalam pasal 72 ayat (1) Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa, pendapatan Desa terdiri atas hasil usaha, hasil aset, swadaya dan partisipasi, gotong royong, dan lain-lain pendapatan asli Desa (PADesa).

PADesa itu sendiri adalah pendapatan yang berasal dari kewenangan Desa berdasarkan hak asal usul dan kewenangan skala lokal Desa. Untuk itu pemerintahan Desa perlu menetapkan perdes PADEs sesuai dengan kewenangan Desa yang diatur perundang-undangan.

Berkaitan dengan penggunaan dan pengalokasian kegiatan yang bersumber dari pendapatan asli Desa direncanakan dan ditetapkan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APB Desa) yang digunakan untuk pelaksanaan kegiatan yang menjadi kewenangan Desa.

Dan untuk pelaporan dan pertanggungjawaban pengelolaan pendapatan yang bersumber dari pendapatan asli Desa mengacu pada peraturan perunndang-undangan yang mengatur tentang pengelolaan keuangan Desa yakni Permnedagri 20 Tahun 2018 yang dijabarkan dalam Perbup Situbondo Nomor 50 Tahun 2021 tentang perubahan kedua atas Perbup Situbondo Nomor 57 Tahun 2018 tentang pengelolaan keuangan Desa..

Berikut kami bagikan Perdes PADes (Pendapatan Asli Desa) serta bisa Anda edit untuk disesuaikan dengan kondisi daerah masing-masing Desa sesuai dengan kewenangan desa yang diatur dalam perundang-undangan, Perdes PADes dapat Anda download secara gratis dalam web ini.

Lihat viaGOOGLE DRIVE

Rating

4.8

( 20 Votes )
Silakan Nilai!
Perdes PADes [Pendapatan Asli Desa]

No votes so far! Be the first to rate this post.

Gambar Gravatar
Jangan pernah berhenti bermimpi, karena tiada yg mustahil selama Qta berjuang menggapainya

1 komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *