Stunting Desa

Format Laporan Stunting Desa [Form. KPM]

  • Diposting oleh:
  • Diposting pada:
  • Kategori:
    DokumenDokumen
  • Ekstensi File:
    MS Office Excel, WinRAR
  • Lisensi:
    Dilindungi
  • Diupload oleh:
    Cipta Desa
  • Harga:
    Gratis 0
  • Dilihat:
    19341

Kader Pembangunan Manusia atau disebut dengan KPM adalah warga masyarakat desa yang dipilih melalui musyawarah Desa untuk bekerja membantu pemerintah Desa dalam memfasilitasi pembangunan sumberdaya manusia di tingkat Desa. KPM mempunyai tugas membantu pemerintah desa dalam penyedia layanan untuk pengurangan stunting.

Sekilas tentang Laporan Stunting Desa, Kader Pembangunan Manusia (KPM)di Desa meliputi:

Pemetaan Sosial

Pemetaan sosial merupakan proses di tingkat dusun untuk mengidentifikasi dan mendata status layanan sasaran 1,000 hari kehidupan pertama dan kondisi konvergensi layanan. Tahap ini dilakukan di awal tahun dan akan diperbarui pada saat akan menyusun RKPDes tahun berikutnya. Kader Pembangunan Manusia (KPM) memfasilitasi proses ini melalui pertemuan atau musyawarah dusun dengan mengajak peserta musyawarah dusun tersebut untuk menggambarkan masalah dan kondisi pelayanan dasar, serta keberadaan sasaran terkait dengan stunting Desa.

Pendataan Sasaran 1000 HPK

Proses ini dilakukan pengecekan data di Posyandu untuk sasaran 1000 HPK dan di layanan PAUD untuk sasaran 3 – 6 tahun. Data yang diperlukan selanjutnya dilakukan wawancara dengan rumah tangga sasaran 1000 HPK sasaran PAUD. Metode ini dilakukan dengan mengunjungi rumah tangga sasaran tersebut.

Rumah Desa Sehat

Metode ini dilakukan pertemuan diskusi terarah untuk menggali dan merumuskan gagasan kegiatan terkait stunting dengan kelompok masyarakat (Aktivis, LSM, Bidan Desa, Kader Kesehatan, dan lain-lain). Sebelum memfasilitasi diskusi kelompok terarah, berdasarkan hasil pemetaan sosial dan pendataan sasaran, KPM perlu melakukan analisis sederhana dan membuat rangkuman atas permasalahan terkait konvergensi paket layanan dan intervensi yang diperlukan.

Rembuk stunting

Kegiatan ini merupakan pertemuan dalam rangka membahas hasil perumusan kegiatan melalui diskusi terarah untuk membuat komitmen Desa dan menetapkan kegiatan-kegiatan konvergensi dalam menangani stunting. Dalam rembuk stunting ini membahas dua hal, pertama kegiatan konvergensi penanganan stunting yang akan dilakukan pada tahun berjalan (2018) dan yang kedua komitmen Desa untuk kegiatan penanganan stunting dalam untuk RKP Desa tahun berikutnya.

Berikut kami bagikan Format Laporan Stunting Desa (Form. KPM) serta bisa Anda edit untuk disesuaikan dengan kondisi daerah masing-masing Desa sesuai dengan kewenangan desa yang diatur dalam perundang-undangan, Format Laporan Stunting Desa (Form. KPM) dapat Anda download secara gratis dalam web ini.

Lihat viaGOOGLE DRIVE

CATATAN :

  1. File yang didownload jangan dipisahkan dalam folder yang ada karena file satu dengan yang lain berkaitan (rumus).
  2. Pada saat buka file LAPORAN 05. LAPORAN TAHUNAN.xlsx jgan lupa untuk Klik ENABEL CONTENT atau UPDATE lalu klik CONTINUE agar bisa terkoneksi dengan file-file lain ketika dapa perubahan Entri Data.

Rating

4.8

( 3258 Votes )
Silakan Nilai!
Format Laporan Stunting Desa [Form. KPM]

No votes so far! Be the first to rate this post.

Gambar Gravatar
Jangan pernah berhenti bermimpi, karena tiada yg mustahil selama Qta berjuang menggapainya

11 komentar

    1. Waalaikumsalam WR. WB.
      Mohon maaf kak, kami tidak menyarankan untukmerubah pasword yang ada, sebab bisa mengakibatkan tidak terkoneksinya beberapa rumus yang ada dalam beberapa file yang berkaitan. Jika ada kendala bisa disampaikan dalam kolom komentar kak.

      Sebab untuk penambahan baris sudah kami sediakan sebanyak 750 baris yang bisa di unhide sesuai dengan petunjuknya.

      1. maksudnya kak pas mau ganti tahun gk bisa di edit katanya terproteksi atau apalah gk ngerti saya

  1. Selamat Siang, kk kenapa di File Anak ketika di ketik nama anak gak muncul, kemungkinan warna font nya di kasi warna putih

  2. Halo, pak. Terima kasih sudah berbagi file laporan KPM tahunan. Saya mau bertanya untuk status anak, yang disingkat M/K/H ini apa ya? Terima Kasih

    1. Untuk apa pak, itu sudah disediakan 750 baris dan otomatis sampek pada scordcard konvergensi stunting Desa. Baca petunjuknya pak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *